FISIP Unsika Studi Banding ke UGM untuk Tingkatkan Zona Integritas

Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Ir. Selo, ST, MT, M.Sc, Ph.D., IPU, ASEAN Eng bersama Tim Zona Integritas FISIP Unsika


Karawang, Fisip Unsika – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Singaperbangsa Karawang, melakukan studi banding ke Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tujuan kegiatan adalah, untuk meningkatkan Zona Integritas-Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) di FISIP Unsika. 

Rombongan FISIP Unsika dipimpin oleh Dekan FISIP Unsika, Dr. Mayasari, S.S., M.Hum. Kegiatan berlangsung pada Kamis, 2 November 2023 di Meeting Room 1, Gedung SGLC Lantai 3, Fakultas Teknik UGM. 

Bentuk kegiatan yaitu, saling bertukar pengalaman antara FISIP Unsika dan FT UGM dalam menciptakan ZI-WBK. Acara ini langsung dipimpin oleh Dekan Fakultas Teknik UGM, Prof. Ir. Selo, ST, MT, M.Sc, Ph.D., IPU, ASEAN Eng. 

Dalam paparannya, Prof. Selo mengatakan bahwa keberhasilan FT UGM menciptakan wilayah bebas korupsi bermula dari pembenahan layanan di 2017. Pada saat itu, belum ada program resmi dari pemerintah pusat dalam pelaksanaan ZI-WBK. 

Meskipun demikian, kata Prof. Selo, FT UGM tetap memberikan layanan prima secara transparan dan akuntabel kepada mahasiswa, orang tua mahasiswa, dan mitra-mitra FT UMG. Alhasil dua tahun terakhir, FT UGM selalu mendapat predikat WBK. 

“Kami tidak tahu WBK dan WBBM itu apa. Tapi kami sudah mulai membenahi layanan kita, agar menjadi lebih efesien, transparan dan akuntabel. Dari 2017, tahun 2018, tahun 2019 sampai 2020, itu kami tidak tahu WBK itu apa, WBBM itu apa. Tapi kami sudah melakukan itu 4 tahun. Ketika ada penilaian WBK, kami ikut,” kata Prof. Selo. 

Dalam kesempatan tersebut, Dekan FISIP Unsika, Dr. Mayasari mengatakan bahwa pelaksanaan studi banding yang dilakukan adalah salah satu strategi untuk menciptakan ZI-WBK di FISIP Unsika. Dr. Mayasari berharap, dengan kegiatan studi banding, FISIP Unsika bisa belajar dan mendapat pengalaman dari FT UGM, lalu menerapkannya di lingkungan kampus.[]